Bima, SB. –  Akibat langkanya air bersih yang melanda Desa Rade Kecamatan Madapangga, Sejumlah warga desa setempat melakukan aksi penghadangan jalan, tepatnya di jalan lintas desa setempat pada Rabu (17/5) yang dimulai sekitar pukul 09.00 wita hingga pukul 10.30 wita. Dalam aksi tersebut warga setempat memblokade jalan dengan menggunakan jirgen kosong dan alat lannya agar pengguna jalan saat itu tidak bisa melewati jalan lintas desa setempat.
Hasil pantauan Koran ini langsung dilapangan pada Rabu (17/5 Koordinator aksi llyas mengatakan,” aksi ini merupakan kepedulian pemuda setempat atas kelangkaan air bersih yang melanda di desa rade. Kelangkaan air bersih yang dialami warga rade sudah menjadi langganan setiap tahunnya, akan tetapi upaya pemerintah daerah kabupaten bima, sedikitpun belum ada untuk mencari solusi terkait kelangkaan air bersih yang dihadapi warga, kalau pihak pemerintah apatis terhadap masalah ini, pihaknya akan tetap melakukan aksi lanjutan, bahkan tidak menutup kemungkinan seluruh masyarakat desa rade akan turun kejalan guna melakukan aksi yang lebih besar. Tidak saja itu,dirinya menegaskan bahwa mahasiswa asal desa setempat yang masih mengenyam dibangku kuliah pun akan hadir guna menuntut pihak pemerintah agar bisa menyediakan air bersih bagi masyarakat desa rade,”ujarnya.
Sementara itu M Iksan saat berorasi mengaku, kelangkaan air bersih ini tidak saja karena faktor alam. Akan tetapi juga karena pengaruh operasi PT. Lam – Lam selaku perusahaan air mineral yang beroperasi dikawasan wisata Madapangga Desa Ndano. Hal itu berdasarkan hasil riset secara sederhana yang pernah dilakukan juga berdasarkan data ril yang terjadi pasca kehadiran PT Lam- Lam,”intinya sebelum hadirnya PT Lam-Lam,kelangkaan air tidak seperah ini,”katanya.

Lanjutnya,kalau hal ini tidak disikapi secepatnya oleh pihak pemerintah, dirinya berjanji akan ada aksi susulan dengan kekuatan lebih besar, bukan saja pemuda dan mahasiswa,seluruh elemen masyarakat sudah siap untuk memperjuangkan kehidupan yang sejahtera layaknya warga lainnya yang ada di kecamatan madapangga,”ujarnya.

sementara itu Kepala Wilayah Kecamatan Madapangga Muhammad Safii SH MAp mengatakan,”terkait tuntutan masyarakat atas kekurangan air bersih, pihaknya akan menyampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bima dalam hal ini adalah Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri,”Saya akan sampaikan aspirasi ini ke Bupati,”sebagai upaya awal untuk mengantisipasi kelangkaan air yang dialami warga rade,pihaknya  membantu masyarakat desa setempat dengan mendatangkan mobil Damkar untuk membantu pendistribusian air bersih,”mobil Damkar mengambil air bersih,selanjutnya akan disalurkan ke Masyarakat,”ujarnya.

Anggota DPRD duta Partai Golkar H.Muhammad Amin mengatakan, terkait apa yang dialami warga rade ini, pihaknya siap memperjuangkannya di kursi parlemen. Bahkan, kalau anggota DPRD kabupaten bima duta Madapangga punya niat membantu warga rade, Saya siap bersama-sama untuk memberikan aspirasi yang ada untuk membantu warga rade,”Saya koordinasi dulu dengan anggota DPRD asal Madapangga lainnya agar aspirasi yang ada untuk penanganan kelangkaan air bersih bagi warga rade ,”janjinya.

Saat aksi warga rade berlangsung, jajaran Polsek Madapangga yang dipimpin langsung oleh Kapolsek setempat IPDA. Rusdi melakukan pengawalan aksi warga saat itu.  Warga membubarkan diri setelah adanya negosiasi dengan Camat Madapangga Muhammad Safii SH MAp, Anggota DPRD duta partai Golkar H. Muhammad Amin serta Kapolsek Madapangga IPDA. Rusdi. (SB-01) .

Advertisements