Bima, SB.-  Lantaran dokumen naskah soal terbuka, 13 peserta tes perangkat desa Kasi Pembangunan Desa Leu Kecamatan Bolo dikarantina di Musholla Kantor Kecamatan Bolo. Terbukanya dokumen soal tersebut,terjadi karena adanya faktor X. Demikian dikatakan Kepala Wilayah Kecamatan Bolo kemarin.

Setelah konfirmasih dengan camat Bolo Mardianah  SH setelah keluarga dari musholahpada hari  senin (15/5) kemarin mengatakan, berdasarkan kesepakatan awal dengan seluruh panitia desa, tes perangkat desa akan dilaksanakan secara serentak pada pukul 13.00 wita. Akan tetapi, khusus peserta tes perangkat desa untuk Kasi Pembangunan Desa Leu Kecamatan Bolo harus diundur dengan waktu yang tidak ditentukan,lantaran terbukanya dokumen naskah soal tersebut,”katanya.
Dijelaskannya,terbukanya dokumen naskah soal tersebut, terjadi bukan karena adanya unsur kesengajaan dari pihak panitia, akan tetapi hal itu terjadi karena adanya faktor X. Saat paket soal diserahkan kepada panitia desa dihadapan peserta yang ada, naskah soal tersebut dalam keadaan terbuka, karena terkena keringat PolPP yang disuruh untuk membawa naskah soal tersebut,”naskah soal terbuka lantaran kena keringat Polpp,”ujarnya.
Lanjutnya,karena kondisi soal seperti itu,13 peserta tes asal desa leu tidak menerima soal tersebut, dan mereka meminta agar soal tersebut dikocok secara tidak beraturan. Masukan dari perserta pun diterima, saat itu juga panitia dan peserta sepakat untuk menunda pelaksanaan tes sambil menunggu berita acara kesepakatan antara pihak panitia dan peserta ,”terangnya.
Sementara setelah dikonfirmasih kembali pada  ketua panitia seleksi perangkat Desa  Leu H. Nursi pada Senin (15/5). Kemarin mengatkan “ membenarkan apa yang disampaikan Ibu Camat Bolo Mardianah SH, bahwa 13 peserta seleksi perangkat desa untuk Kasi Pembangunan Desa Leu ditunda dengan waktu yang tidak ditentukan, dan peserta dikarantina di Musholla,”katanya.
Jelasnya, dikarantinanya peserta tersebut, dilakukan agar tidak menimbulkan kesenjangan antara peserta yang ada. Saat dikarantina itulah soal tersebut dilakukan pengocokan oleh unsur panitia, saat pengocokan soal ikut disaksikan oleh Kepala Bidang Pembangunan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bima Elfaisal SEI MM,”intinya pelaksanaan tes bagi 13 peserta asal desa leu tersebut akan dilakukan setelah pengocokan soal usai,”ujarnya.(SB-01).

Advertisements